PERSINGGUNGAN ANTARA TEKNOLOGI dan PENDIDIKAN
Teknologi itu ada karena hasil research dari para ahli. Para ahli bisa karena mereka belajar dari proses pendidikan sehingga pendidikan dan teknologi saling berkaitan. Walaupun tidak semua orang mengikuti perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Contohnya, pada suku Rimba mereka melakukan proses pendidikan tanpa menggunakan teknologi, mereka masih mengajar menggunakan pelepah pohon dengan alat tulis batu. Tetapi masyarakat di perkotaan pun sudah mengikuti itu semua dikarenakan lingkungan perkotaan pun sudah menyediakan fasilitas teknologi itu yang sangat berbanding terbalik dengan suku-suku pedalaman. Seperti yang dapat kita lihat diperkotaan, kita dapat dengan mudah menemukan warnet ( warung internet ) dengan biaya yang terjangkau sehingga semua kalangan masyarakat dapat menggunakannya dengan mudah. Hal ini mempermudah masyarakat maupun siswa-siswi dalam membantu mengerjakan tugas sekolah maupun mencari pengetahuan yang lebih banyak. Pendidikan di perkotaan pun sudah mengharuskan murid-murid dan guru-guru menggunakan teknologi. Contohnya, murid sudah mengirim tugasnya lewat email dan guru-guru sudah menggunakan proyektor untuk menerangkan pelajaran kepada murid-muridnya.
PERAN TEKNOLOGI di dalam KELAS
Teknologi itu ada karena hasil research dari para ahli. Para ahli bisa karena mereka belajar dari proses pendidikan sehingga pendidikan dan teknologi saling berkaitan. Walaupun tidak semua orang mengikuti perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Contohnya, pada suku Rimba mereka melakukan proses pendidikan tanpa menggunakan teknologi, mereka masih mengajar menggunakan pelepah pohon dengan alat tulis batu. Tetapi masyarakat di perkotaan pun sudah mengikuti itu semua dikarenakan lingkungan perkotaan pun sudah menyediakan fasilitas teknologi itu yang sangat berbanding terbalik dengan suku-suku pedalaman. Seperti yang dapat kita lihat diperkotaan, kita dapat dengan mudah menemukan warnet ( warung internet ) dengan biaya yang terjangkau sehingga semua kalangan masyarakat dapat menggunakannya dengan mudah. Hal ini mempermudah masyarakat maupun siswa-siswi dalam membantu mengerjakan tugas sekolah maupun mencari pengetahuan yang lebih banyak. Pendidikan di perkotaan pun sudah mengharuskan murid-murid dan guru-guru menggunakan teknologi. Contohnya, murid sudah mengirim tugasnya lewat email dan guru-guru sudah menggunakan proyektor untuk menerangkan pelajaran kepada murid-muridnya.
PERAN TEKNOLOGI di dalam KELAS
- Pra taman kanak-kanak - Grade 2, pada grade ini anak-anak sudah mengenali perangkat komputer seperti mouse, keyboard, monitor. Dan anak-anak sudah bisa mengoperasikannya secara sederhana.
- Grade 3- Grade 5, Dapat menggunakan sumber daya teknologi seperti kalkulator dan software pendidikan
- Grade 6 - Grade 8, pada grade ini, mereka sudah dapat menggunakan internet untuk mengakses wabsite, dapat menerapkan sumber daya teknologi dan kebanyakan dari mereka sudah memilki alat telekomunikasi sendiri seperti handphone
- Grade 9 - Grade 12, sudah dapat menggunakan informasi online untuk memenuhi kebutuhan riset, publikasi dan komunikasi.
PANDANGAN MAHASISWA yang MENDALAMI PSIKOLOGI
PENDIDIKAN tentang UBIQUITOS COMPUTING
Menurut kami yang sedang mendalami psikologi pendidikan adalah bahwa
ubiquitos computting itu memilki dampak positif dan dampak negatif. Dampak
positif yaitu murid-murid dapat melakukan tugas mereka dengan mudah karena
ubiquitos computting itu dimanapun kita berada dapat di gunakan. Sementara
dampak negatifnya yaitu kurang bagus bagi sosial mereka dan berefek bagi
kesehatan tubuh mereka di karenakan apabila mereka berhadapan dengan monitor
terus maka mereka tidak sempat untuk bersosialisasi dengan orang lain. Selain
itu, dampak apabila berlama-lama di depan monitor akan merusak mata mereka yang
disebabkan oleh radiasi komputer tersebut.
Nama kelompok :
0 komentar:
Posting Komentar