Nama Kelompok:
PERAN TEKNOLOGI
DALAM DUNIA PERKULIAHAN
BAB 1
PERENCANAAN
1.1 PENDAHULUAN
Pada tugas mini
proyek kali ini kami memilih topik : Peran Teknologi Sebagai Media Belajar Pada
Mahasiswa Dan berjudul: Peran Teknologi Dalam Dunia Perkuliahan.
Teknologi berasal dari istilah teckne yang berarti seni (art) atau
keterampilan. Menurut Dictionary of Science, teknologi adalah penerapan pengetahuan
teoritis pada masalah-masalah praktis. Seperti yang kita lihat, Perkembangan
teknologi telah memperngaruhi seluruh aspek kehidupan tak terkecuali
pendidikan, dewasa ini teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat karna
teknologi dapat berkembang dalam hitungan detik saja. Dan tidak dapat
dipungkiri kalau teknologi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sekarang ini,
sebab teknologi sudah menjadi konsumsi dari berbagai kalangan, tidak luput juga
bagi dunia pendidikan. Teknologi bisa menjadi salah satu alternative dalam
kegiatan belajar mengajar (KBM). .
Perkembangan
teknologi informasi khususnya komputer banyak mengubah pola hidup dan gaya
hidup secara global. Dan dengan sendirinya berubah pula kebiasaan, baik dalam
bergaul, berteman, dalam lingkungan kerja, sekolah maupun dalam keluarga. Hal
ini sangat dirasakan dampaknya dimana tingkah laku dan kebiasaan yang
sebelumnya tidak pernah terjadi kini dapat kita baca di media masa, kita tonton
melalui layar TV dan kita saksikan dalam kehidupan kita sehari-hari.
Tidak sampai disitu, dalam dunia pendidikan misalnya,
pola dan gaya hidup ini sudah dapat kita rasakan dalam pergaulan anak didik
kita, yang tadinya pendiam kini berubah jadi periang, yang tadinya pemalu kini
berubah menjadi pemberani dan seterusnya. Ini berarti kebiasaan dan gaya hidup
siswa sudah mulai berubah. Hal ini bisa berdampak positif dan bisa juga
berdampak negatif tergantung bagaimana kita mengarahkannya.Peran Teknologi
InformasiPenggunaan teknologi informasi khususnya komputer kini sudah menjadi
mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah, mulai sekolah dasar hingga ke sekolah
lanjutan atas dan sekolah kejuruan. Namun demikian yang paling besar
pengaruhnya adalah di Perguruan Tinggi, di mana hampir semua perguruan tinggi
di Indonesia sudah memanfaatkan teknologi ini dalam perkuliahannya, baik
melalui tatap muka maupun secara online. Sebagai contoh seorang dosen dalam
menyampaikan materinya tidak hanya mengandalkan media konvensional saja,
melainkan sudah menggunakan unsur teknologi di dalamnya. Biasanya seorang dosen
atau guru di PT tertentu dalam menyampaikan materi kuliah ditampilkan dalam
bentuk slide presentasi dengan bantuan komputer. Dengan teknologi ini mahasiswa
atau siswa bisa mengikuti matakuliah dengan baik, karena materi yang disampaikan
selain mengandung materi yang berbobot juga mengandung unsur multimedia yang
bisa menghibur.Di mana dengan bantuan komputer yang dihubungkan dengan
multimedia projector seorang dosen tidak perlu menekan tombol keyboard atau
papan ketik melainkan cukup menekan remote control yang dipegangnya.
Di negara maju dan di beberapa negara berkembang dimana tingkat pendidikannya sudah bisa dikatakan cukup baik, penerapan teknologi tinggi ini sudah berjalan lebih dari 20 tahun. Sementara di Indonesia baru beberapa tahun saja sejak teknologi jaringan mulai dikenal dan diterapkan sebagai salah satu materi pelajaran di sekolah menengah kejuruan (SMK) beberapa tahun lalu dan untuk Sekolah Lanjutan Atas dengan masuknya kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Dengan teknologi ini seorang dosen atau guru dalam menyampaikan materinya tidak hanya dalam bentuk tatap muka saja melainkan sudah menggunakan berbagai media komunikasi yang dipadukan dengan teknologi networking, misalnya Intranet dan Internet.
Di negara maju dan di beberapa negara berkembang dimana tingkat pendidikannya sudah bisa dikatakan cukup baik, penerapan teknologi tinggi ini sudah berjalan lebih dari 20 tahun. Sementara di Indonesia baru beberapa tahun saja sejak teknologi jaringan mulai dikenal dan diterapkan sebagai salah satu materi pelajaran di sekolah menengah kejuruan (SMK) beberapa tahun lalu dan untuk Sekolah Lanjutan Atas dengan masuknya kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Dengan teknologi ini seorang dosen atau guru dalam menyampaikan materinya tidak hanya dalam bentuk tatap muka saja melainkan sudah menggunakan berbagai media komunikasi yang dipadukan dengan teknologi networking, misalnya Intranet dan Internet.
1.2 LANDASAN TEORI
Pada proyek
kali ini kami menggunakan teori dari hubungan teknologi dan pendidikan,
ubiquitous computing, teori motivasi.
Teknologi
merupakan bagian dari pendidikan dan sebagai sarana untuk mendapatkan
pendidikan , informasi atau pengetahuan. Teknologi dan pendidikan saling
berhubungan. Pada zaman sekarang ini, pendidikan sangat diharuskan untuk
didampingi oleh teknologi, dikarnakan dalam penelitian oleh National Assesment
of Educational Progress (NAEP), murid di grade 4, 8, dan 12 yang menggunakan
internet dirumah mendapatkan nilai sains yang lebih tinggi ketimbang mereka
yang tidak menggunakan internet. Selain internet, teknologi yang lain yang
sekarang lazim dilihat pada kebanyakan sekolah-sekolah dan perguruan tinggi
seperti laptop atau computer, lab, dan sebagainya merupakan componen-komponen
yang wajib ada disekolah atau perguruan tinggi karena ini merupakan hal yang
penting.
Adapun teori
lain yang berhubungan dengan peran teknologi yaitu Ubiquitous computing .
Ubiquitous computing adalah generasi computer yang akan datang, dimana generasi
ini menekankan distribusi computer kelingkungan , ketimbang ke personal. Dalam
lingkungan ini teknologi akan menjadi latar belakang pada zaman sekarang, kita
mulai memasuki zaman ubiquitous computing yang mana sudah banyak terdapat
perangkat computer yang kecil, portable, mobile dan harganya murah yang telah
menggantikan computer pribadi pada generasi kedua ubiquitous adalah kebalikan
dari realitas virtual. Jika realita virtual menempatkan orang didalam dunia
yang diciptakan computer. Ubiquitous computing akan memaksa computer eksis
didunia manusia. Perangkat computer ini lebih cocok untuk pendidikan karena
dipasangkan dengan jaringan murah, dapat memampukan murid untuk membawa
perangkat informasi personal kelapangan untuk membantu mengerjakan suatu tugas
dan bias dibawa pulang dan dapat digunakan tanpa dibatasi lokasi.
Teori
selanjutnya yaitu Motivasi, merupakan satu penggerak dari dalam hati seseorang
untuk melakukan atau mencapai sesuatu tujuan. Motivasi juga bisa dikatakan
sebagai rencana atau keinginan untuk menuju kesuksesan dan menghindari
kegagalan hidup. Dengan kata lain motivasi adalah sebuah proses untuk
tercapainya suatu tujuan. Seseorang yang mempunyai motivasi berarti ia telah mempunyai
kekuatan untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupan.
Motivasi dapat
berupa motivasi intrinsic dan ekstrinsic. Dimana motivasi intrinsik adalah
suatu motivasi yang datang dari dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu
tanpa adanya paksaan dari luar, bila diaplikasikan dengan ini proyek ini maka
seseorang tersebut melakukannya memang keinginan dari dalam diri untuk
mempelajari teknologi. Sedangkan motivasi ekstrinsik merupakan suatu motivasi
yang berasal dari luar diri seseorang dimana pada tahap ini seseorang tersebut
termotivasi untuk mempelajari teknologi karena lingkungan dan orang-orang
sekitarnya yang mengharuskan dia untuk mempelajari hal tersebut. Pada dasarnya
setiap orang mampu melakukan sesuatu itu karena adanya motivasi yang membuat dia
mau melakukan suatu tindakan tertentu, baik itu berasal dari dalam dirinya
maupun dari luar.
Teori McClelland (Teori Kebutuhan Berprestasi)
Dari McClelland dikenal tentang teori kebutuhan untuk
mencapai prestasi atau Need for Acievement (N.Ach) yang menyatakan bahwa
motivasi berbeda-beda, sesuai dengan kekuatan kebutuhan seseorang akan
prestasi. Murray sebagaimana dikutip oleh Winardi merumuskan kebutuhan akan
prestasi tersebut sebagai keinginan :“ Melaksanakan sesuatu tugas atau
pekerjaan yang sulit. Menguasai, memanipulasi, atau mengorganisasi obyek-obyek
fisik, manusia, atau ide-ide melaksanakan hal-hal tersebut secepat mungkin dan
seindependen mungkin, sesuai kondisi yang berlaku. Mengatasi kendala-kendala,
mencapai standar tinggi. Mencapai performa puncak untuk diri sendiri. Mampu
menang dalam persaingan dengan pihak lain. Meningkatkan kemampuan diri melalui
penerapan bakat secara berhasil.”
1.3 TUJUAN
· Untuk mengetahui seberapa penting peran teknologi bagi mahasiswa
· Untuk mengetahui bagaimana perkembangan teknologi saat ini
· Untuk mengetahui apa dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi
1.4 ALAT DAN BAHAN
· Alat tulis
· Laptop
· Kuestioner
· Printer
· Kamera
· Reward
1.5 ANALISIS DATA
Dalam pengumpulan data pada tugas mini proyek ini,
kami menggunakan metode penarikan kesimpulan dengan cara pengisian kuesioner
tentang peran teknologi dalam dunia perkuliahan
1.6 OBJEK DAN SUBJEK PENELITIAN
Pada tugas mini proyek ini , untuk memproleh data kami
menggunakan beberapa objek yang berasal dari kalangan mahasiswa/mahasiswi dari
beberapa Universitas dan beberapa fakultas seperti USU, IAIN, UMSU,
UNIMED, POLMED. Kuesioner dilakukan dengan mengunjungi fakultas
masing-masing.
Beberapa responden yang kami wawancarai , yaitu:
1. Mawaddah nasution ( Ilmu
komputer - USU )
2. Murni Kurniati ( Ilmu computer
- USU )
3. Siti Ramadani ( Perbandingan hukum
dan mazhab – IAIN )
4. Zulfikar Hasibuan ( Pend. Bahasa
Inggris – IAIN )
5. Rianda Gusna Dewi ( Ekonomi Islam –
IAIN )
6. Haza Irma Dwi Juliansyah (
Teknik Elektro - POLMED)
7. Majidah ( Pend. Matematika – UMSU )
8. Khioriah Lubis ( Pend. Bahasa
Inggris – UMSU )
9. Dinauli Fatwa ( FKG – USU )
10. Atika Rahmah ( Geografi – USU )
KUESIONER
Nama
:
Fakultas / Universitas :
Jurusan
:
- Bagaimana pendapat anda dengan perkembangan teknologi saat ini?…………………………………………………………………………………
- Apakah saat ini anda sudah memiliki gadget yang canggih? Jika sudah sebutkan apa saja? ……………………………………………..............………………………………
- Seberapa penting peran teknologi dalam kehidupan anda. Jelaskan! ...................................................................................................................................
- Untuk kepentingan apa saja anda menggunakan teknologi. Jelaskan! ………………………………………………………………………………………
- Dalam sehari Seberapa lama anda menghabiskan waktu besama teknologi? …………………………………………………………………..............................
- Sebutkan dampak positif dan negative dari penggunaan teknologi dalam kehidupan anda! ………………………………………………………………………………………
- Apa yang anda rasakan jika dalam sehari anda tidak menggunakan teknologi (terutama handphone dan laptop) ? …………............……………………………………………………….................
1.7 Jadwal
Perencanaan
NO
|
Kegiatan
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
|||||||||||||||||||
1
|
Pemilihan Tema dan Judul
|
√
|
|||||||||||||||||||||||||
2
|
Diskusi Metode dan pelaksanaan
|
√
|
|||||||||||||||||||||||||
3
|
Pembuatan Pendahulan dan Landasan Teori
|
√
|
|||||||||||||||||||||||||
4
|
Menentukan alat dan bahan
|
√
|
|||||||||||||||||||||||||
5
|
Menentukan subjek
|
√
|
|||||||||||||||||||||||||
6
|
Membuat kuesioner
|
√
|
|||||||||||||||||||||||||
7
|
Pembelian reward
|
√
|
|||||||||||||||||||||||||
8
|
Pelaksanaan observasi & pemberian kuisoner
|
√
|
|||||||||||||||||||||||||
9
|
Diskusi untuk menganalisis data yang diperoleh
|
√
|
|||||||||||||||||||||||||
10
|
Pembuatan laporan
|
√
|
|||||||||||||||||||||||||
11
|
Penarikan kesimpulan
|
√
|
|||||||||||||||||||||||||
12
|
Pembuatan poster
|
√
|
|||||||||||||||||||||||||
13
|
Evaluasi
|
√
|
|||||||||||||||||||||||||
14
|
Posting Blog
|
√
|
|||||||||||||||||||||||||
1.8 Kalkulasi Biaya
Print kertas untuk kuesioner
|
Rp. 4.000
|
Foto copy kuesioner
|
Rp. 6.000
|
Transportasi
|
Rp. 20.000
|
Reward ( pulpen)
|
Rp. 30.000
|
Total
|
Rp. 60.000
|
BAB II
2.1
Jadwal Pelaksanaan
No.
|
Kegiatan
|
Tanggal
|
Waktu
|
Tempat
|
1.
|
Diskusi pemilihan opic dan penentuan judul
|
21 April 2012
|
14.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
2.
|
Diskusi perencanaan kegiatan dan penentuan metode yang akan
digunakan
|
25 April 2012
|
14.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
3.
|
Diskusi pembuatan pendahuluan dan landasan teori
|
26 April 2012
|
12.00WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
4.
|
Diskusi penentukan alat dan bahan
|
27 April 2012
|
11.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
5.
|
Diskusi penentukan subjek
|
27 April 2012
|
12.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
6.
|
Diskusi pembuatan kuesioner
|
4 Mei 2012
|
11.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
7.
|
Pembelian reward
|
5 Mei 2012
|
14.00 WIB
|
Pajus
|
8.
|
Pelaksanaan observasi dan pemberian kuisoner di UMSU
|
10 Mei 2012
|
13.00WIB
|
UMSU
|
Pelaksanaan observasi dan pemberian kuisoner di AIAN
|
10 Mei 2012
|
15.30 WIB
|
AIAN
|
|
Pelaksanaan observasi dan pemberian kuisoner di USU
|
11 Mei 2012
|
11.30 WIB
|
USU
|
|
Pelaksanaan observasi dan pemberian kuisoner di POLMED
|
12 Mei 2012
|
14.30 WIB
|
POLMED
|
|
9.
|
Diskusi untuk menganalisis data yang diperoleh
|
16 Mei 2012
|
14.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
10.
|
Pembuatan laporan
|
17 Juni 2012
|
12.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
11.
|
Penarikan kesimpulan
|
2 Juni 2012
|
09.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
12.
|
Pembuatan poster
|
3 Juni 2012
|
11.00 WIB
|
Rumah hikmah
|
13
|
Evaluasi
|
4 Juni 2012
|
09.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
14
|
Posting Blog
|
9 Juni 2012
|
20.00 WIB
|
Rumah masing-masing anggota
|
BAB III
3.1 PELAPORAN DAN EVALUASI
Laporan Penelitian :
Bedasarkan hasil kuisoner , kami mendapat beberapa
jawaban dari masing-masing objek tersebut. Jawaban dari kuisoner tersebut
kemudian kami rangkum dan uraiannya adalah sebagai berikut :
- Perkembangan teknologi di era globalisasi ini sudah semakin maju, canggih dan modern.. Teknologi terus-menerus berkembang seiring berkembangnya zaman. Saat ini, peradaban sudah mulai mengarah ke dunia yang serba teknologi sehingga kehidupan manusia sangat bergantung terhadap teknologi , Perkembangan teknologi informasi khususnya komputer sudah banyak mengubah pola hidup dan gaya hidup secara global, tetapi tetap teknologi dikontrol oleh manusia itu sendiri, jangan sampai teknologi menguasai manusia.
- Saat ini para mahasiswa sudah memiliki gadget yang canggih seperti handphone, laptop, ipad . dan dengan adanya gadget tersebut mahasiswa dapat mempergunakannya dalam kegiatan yang positif .
- Peran teknologi dalam kehidupan maupun dalam dunia perkuliahan itu sangat penting karena saat ini hampir semua kegiatan kita sudah bergantung pada teknologi. Dan dengan adanya teknologi pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah. Teknologi juga bisa menjadi salah satu alternative dalam kegiatan belajar mengajar. Seperti dapat membantu kita dalam menyelesaikan tugas perkuliahan, dan Belajar dengan menggunakan teknologi dapat membantu mengembangkan materi secara mandiri, Teknologi juga sangat membantu dalam memperluas wawasan , serta dengan teknologi dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan siapa pun dan dimanapun.
- Teknologi digunakan untuk kepentingan pendidikan, hiburan, pekerjaan dan social. Seperti kita bisa menggunakan teknologi dalam proses belajar dan mengajar, mengerjakan tugas kuliah, dan dengan bantuan teknologi tersebut semua informasi tentang tugas-tugas perkuliahan mudah didapatkan. Atau kita dapat mengakses beragam ilmu pengetahuan yang baru . dan semua itu dapat mempermudah semua pekerjaan yang dilakukan serta dapat bekomunikasi dengan siapa pun dan dimanapun kita berapa. Tidak itu saja dengan teknologi kita dapat mencari hiburan seperti main game mendownload lagu, film dan sebagainya.
- Sebagain besar para responden yang menjawab kuisoner mengatakan bahwa mereka menghabiskan sekitar tujuh jam perhari untuk berhadapan dengan laptop, semantara penggunaan handphone bagi mereka tidak terbatas, bahkan hampir sepanjang hari karena sebagian besar aktifitas kita telah menggunakan teknologi sehingga saat ini kehidupan manusia telah bergantung pada teknologi.
- Dampak yang dirasakan pasti lebih banyak yang posifnya, karena memang pada dasarnya, teknologi tersebut berfungsi untuk mempermudah seperti mempermudah pekerjaan dan tugas-tugas yang dilaksaakan dan mudah mendapat informasi dengan cepat sehinnga menambah wawasan yang luas. Namun disisi lain terdapat dampak negatifnya juga, salah satunya yaitu akses internet yang tidak terbatas mengakibatkan penggunanya hanya ingin yang instan-instan saja, pengeluaran menjadi lebih banyak, Dapat menyita waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar dan kepentingan-kepentingan lainnya Selain itu, sekarang ini sudah banyak yang telah menyalahgunakan teknologi seperti saat ini sudah sangat menyebar situs pornografi yang dapat diakses oleh siapa saja, bahkan dapat diakses oleh anak yang dibawah umur.
- Hampir semua responden mengatakan bahwa Jika dalam sehari saja tidak menggunakan teknologi, dapat dikatakan kehidupan akan menjadi hampa. Hal ini disebabkan karena manusia sudah sangat ketergantungan terhadap penggunaan teknologi tersebut. Dan tidak dapat dipungkiri kalau teknologi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sekarang ini, sebab teknologi sudah menjadi konsumsi dari berbagai kalangan, tidak luput juga bagi dunia pendidikan.
3.2 KESIMPULAN
Jadi,
berdasarkan hasil kuisoner yang telah diberikan dapat disimpulkan bahwa
perkembangan kemajuan teknologi saat ini merupakan suatu hal yang sangat
penting dikalangan mahasiswa/i khususnya di kota Medan. saat ini hampir semua
kegiatan kita sudah bergantung pada teknologi. Dan dengan adanya teknologi
pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah. Teknologi juga bisa menjadi
salah satu alternative dalam kegiatan belajar mengajar. Seperti dapat membantu kita
dalam menyelesaikan tugas perkuliahan, dan Belajar dengan menggunakan teknologi
dapat membantu mengembangkan materi secara mandiri, Teknologi juga sangat
membantu dalam memperluas wawasan , serta dengan teknologi dapat
memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan siapa pun dan dimanapun. Sehingga
bagi mahasiswa/i dampak positif teknologi lebih besar karena memang pada
dasarnya teknologi tersebut berfungsi untuk mempermudah pekerjaan, dan sebagai
alat komunikasi. Tetapi disisi lain terdapat dampak negatifnya juga, salah
satunya yaitu akses internet yang tidak terbatas mengakibatkan penggunanya
hanya ingin yang instan-instan saja, pengeluaran menjadi lebih banyak, Dapat
menyita waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar dan
kepentingan-kepentingan lainnya Selain itu, sekarang ini sudah banyak yang
telah menyalahgunakan teknologi seperti saat ini sudah sangat menyebar
situs pornografi yang dapat diakses oleh siapa saja, bahkan dapat diakses oleh
anak yang dibawah umur.
3.3 EVALUASI
Mulai dari proses perencanaan hingga proses evaluasi ini, kami tidak
mengalami kendala yang begitu berat. Hanya saja waktu Pelaksanaan
observasi & pemberian kuisoner, diskusi untuk menganalisis data yang
diperoleh, Pembuatan laporan dan kesimpulan penelitian kami mengalami
sedikit keterlambatan dari jadwal yang sebelumnya telah direncanakan. Dan
mengalami kesulitan dalam menyatukan ide untuk membuat desain poster, tetapi
hal tersebut tidak mengurangi antusias kami untuk melaksanakan tugas mini
proyek sebaik mungkin.
Evaluasi Jadwal
No.
|
Kegiatan
|
Tanggal
perencanaan
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
Tempat
|
1.
|
Diskusi pemilihan topik dan penentuan judul
|
21 April
2012
|
21 April
2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
2.
|
Diskusi perencanaan kegiatan dan penentuan metode yang akan
digunakan
|
25 April 2012
|
25 April 2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
3.
|
Diskusi pembuatan pendahuluan dan landasan teori
|
26 April 2012
|
26 April 2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
4.
|
Diskusi penentukan alat dan bahan
|
27 April 2012
|
27 April 2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
5.
|
Diskusi penentukan subjek
|
27 April
2012
|
27 April
2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
6.
|
Diskusi pembuatan kuesioner
|
4 Mei 2012
|
4 Mei 2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
7.
|
Pembelian reward
|
5 Mei 2012
|
5 Mei 2012
|
Pajus
|
8.
|
Pelaksanaan observasi & pemberian kuisoner
|
9, 10 Mei
2012
|
10,11, 12 Mei
2012
|
UMSU, IAIN, USU , POL,ED
|
9.
|
Diskusi untuk menganalisis data yang diperoleh
|
15 Mei
2012
|
16 Mei 2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
10.
|
Pembuatan laporan
|
16 Mei
2012
|
17 Juni 2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
11.
|
Penarikan kesimpulan
|
2 Juni 2012
|
2 Juni 2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
12.
|
Pembuatan poster
|
3 Juni 2012
|
3 Juni 2012
|
Rumah hikmah
|
13
|
Evaluasi
|
4 Juni 2012
|
4 Juni 2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
14
|
Posting Blog
|
6 Juni 2012
|
9 Juni 2012
|
Rumah masing-masing anggota
|
3.4 TESTIMONI
Testimoni kelompok :
Menurut kelompok kami, tugas mini proyek
ini merupakan pembelajaran yang baru bagi kami dalam melakukan
penelitian, sehingga kami menyadari bahwa hasil penelitian kami ini tentu
masih jauh dari kesempurnaan yang diharapkan. Dan dengan diberikan tugas mini
proyek ini kami mendapat banyak pelajaran dari penelitian ini, meskipun
ini masih proyek mini, tetap kita harus bertanggung jawab dan teliti terhadap
hasil yang kita dapatkan. Dan disini kami juga dapat mengembangkan kreativitas
kami, misalnya pada pembuatan poster
Nur Hikmah
Tugas mini proyek ini merupakan hal yang baru
bagi saya. sehingga kami menyadari bahwa hasil penelitian kami masih jauh
dari kesempurnaan yang diharapkan. Tetapi, hal yang terpenting adalah
pengalaman dan pembelajaran yang kami dapatkan dari kegiatan ini untuk menjadi
motivasi awal bagi kami agar berusaha lebih optimal lagi dalam penelitian
selanjutnya. Dan dalam penelitian ini kami juga merasa terbantu oleh
partisipasi dari para mahasiswa/i dari beberapa Universitas di Medan ini yang
bersedia memberikan tanggapannya dalam kuisoner kami. Dan dengan adanya
tugas proyek ini dapat menambah pengalaman baru dan wawasan kami.
Devi Ramadana
Dalam mengerjakan tugas mini proyek ini saya mengalami
lumayan kesulitan. Ini merupakan suatu hal yang baru bagi saya dalam melakukan
penelitian seperti ini. Tetapi dengan semangat yang diberikan oleh teman
kelompok, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan semaksimal yang
kami bisa. Tugas ini tentunya menambah pengalaman serta pengetahuan saya.
Nur Hayani
Tugas mini proyek ini tentunya menambah pengetahuan
saya tentang sebuah penelitian. Dalam mengerjakan tugas ini ada sedikit
hambatan yang saya dan teman saya hadapi seperti menentukan, membuat dan
masalah waktu dalam pengerjaannya. Dan dalam penilitian ini banyak informasi
yang kami dapatkan dan sebagai pembelajaran juga buat kami.
POSTER
DAFTAR PUSTAKA
Santrock, John W. 2008, Psikologi Pendidikan Edisi Kedua, Penerbit: Kencana
Prenada Media Group: Jakarta
0 komentar:
Posting Komentar